Lanjut ke konten

Bikin KRS semester 4

hari ini akhirnya bikin KRS juga  setelah dipending waktu tanggal 5 februari 2011 yang lalu

jumlah sks semster ini 23 sks dari 9 mata kuliah

Rinciannya :

  1. Al-Islam Kemuhammadiyahan IV (AIK)= 1 sks
  2. Statistik Ekonomi II= 3 sks
  3. Akuntansi biaya II= 3 sks
  4. Akuntansi Keuangan Daerah I=3 sks
  5. Akuntansi Keuangan Menengah II= 3 sks
  6. Akuntansi Syariah=2 sks
  7. Hukum Pajak= 3 sks
  8. Perekonomian Indonesia= 2 sks
  9. Manajemen Keuangan Daerah= 3 sks

selanjutnya bikin kategori di blog ini untuk tiap mata kuliah di atas.

BAITUL ARKAM (umpar, 11-13 Februari 2011)

JUM’AT 11 FEBRUARI 2011


Pembukaan

Pembukaan Baitul Arkam kelas pekerja tahun 2011 ini diadakan ba’da Ashar. (Saya sendiri tidak sempat mengikuti karena belum pulang kantor).

 

 

Pukul 20:39, kegiatan di ruangan forum dimulai :

Dimulai dengan pre test untuk peserta…

 

selanjutnya forum diambil alih oleh :

Ustadz Syaiful Amir, Spd. Mpdi, memberikan materi yang resumenya kurang lebih seperti berikut :

  • Kenapa diadakan (Baitul Arkam) =Baitul Arkam merupakan suatu proses awal untuk mengenal bagaimana Muhammadiyah itu sebenarnya. Dengan tujuan mengajak para mahasiswa untuk bisa bergabung dalam perserikatan Muhammadiyah yaitu suatu organisasi yang didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan ini. Atau minimal mengajak mahasiswa untuk mengenal Muhammadiyah atau paling minimal lagi mengajak mahasiswa untuk tidak menghalangi Muhammadiyah dalam kegiatan da’wah.
  • Baitul Arkam diproses dari kegiatan DAD (Darul Arkam Dasar) yang sebenarnya satu semester dan 1 poin sks untuknya. Namun, melihat kondisi mahasiswa kelas pekerja yang tidak punya waktu untuk diikutkan kegiatan DAD maka dibentuklah kegiatan Baitul Arkam ini.
  • Dalam mengikuti kegiatan Baitul Arkam ini, mahasiswa diharapkan mengikuti 5F, yaitu :
    • Follow System
    • Follow Instruktur
    • Full Up
    • Fokus
    • Fast (kok gag ditambah FALLING IN LOVE ya…hehehe)
  • Tim Instruktur :
    • Taswiah, S.Ag (Fakultas Agama Islam)
    • Dra. Ramla Rahman (Fakultas Agama Islam)
    • Syaiful Amir, Spd. Mpd (FKIP)
    • Rayamanzi, Spd. Mpdi (Wakil Dekan I FKIP)
    • Abdul Rahman
    • (MOHON MAAF BILA PENULISAN NAMA, GELAR, ATAU JABATAN TIDAK SESUAI….hihiihi undangang kapang)

 

 

Selanjutnya forum diambil alih oleh : Kakanda Sriyanti Mustafa,….. (lupa gelarnya apa,yang pasti kakanda yang satu ini udah Strata-2)

“Dalam kesempatan ini saya akan membacakan peraturan2 selama mengikuti kegiatan Baitul Arkam ini.” ujarnya. “Selama mengikuti kegiatan Baitul Arkam ini kami mohom maaf kalau Bapak2 dan Ibu2 sekalian diharuskan memanggil Kakanda kepada kami.”tambahnya.

Peraturannya seperti ini :

  • Jadwal kegiatan adalah 08:00- 24:00 (harus nginap di lokasi kampus)
  • Berpakaian rapi, tidak pake sandal jepit
  • Tidak bikin gaduh
  • Tidak diperkenankan merokok

Dan lain2 deh…gag sempet inget semua, lagian kegiatan kali ini sya gag ada niat buat melanggar, jadi orang penurut dulu ah…

 

 

Selanjutnya forum diambil alih oleh : Kakanda Rayamanzi, S.Pd. Mpdi

Membawakan materi yang berjudul TAUHID

Resume materinya kurang lebih seperti ini :

  • Makhluk yang paling pandai bersyukur kepada Allah SWT adalah Iblis, sedangkan yang paling tidak tau diri adalah Manusia (tidak pandai bersyukur), Allah SWT melaknat Iblis karena dia tidak mau bersujud kepada Nabi Adam AS, itulah satu2nya keingakaran yang dilakukan oleh Iblis.
  • Nafsu iblis itu cuman satu yaitu bagaimana menjerumuskan manusia supaya ingkar juga kepada Allah SWT.
  • Sedangkan pada manusia, Allah menurunkan bermacam-macam nafsu. Nafsu itu terdiri dari perbandingan 10 yaitu 9 nafsu dimiliki oleh perempuan dan 1 nafsu dimiliki oleh laki-laki, sedangkan akal juga terdiri dari perbandingan 10 yaitu 9 akal dimiliki oleh laki-laki dan 1 akal dimiliki oleh perempuan. Akan tetapi pada hal ini Allah juga menurunkan perbandingan 10 untuk rasa malu yaitu 9 rasa malu dimiliki oleh perempuan sehingga mampu mengimbangi nafsunya yang besar tersebut, sedangkan laki-laki hanya memiliki 1 rasa malu.
  • Tauhid diartikan secara bahasa adalah mengesakan Allah SWT sehingga Tauhid berlawanan kata dengan Syirik.
  • Dalam kesempatan ini pemateri membedakan tauhid menjadi 2, yaitu :
    • Tauhid Rubudiyah, yaitu nilai-nilai Ketuhanan, yang berarti meyakini adanya Tuhan yang mengatur segala sesuatu yang ada di Jagad Raya ini.
    • Tauhid Ubudiyah, yaitu nilai-nilai pengabdian seorang hamba kepada Sang Pencipta, termasuk ibadah kita. Jadi segala sesuatu yang kita lakukan hendaknya bernilai ibadah kepada Allah SWT. Pada nilai Tauhid Ubudiyah ini kita harus berhati-hati karena jika kita melakukan sesuatu dengan ada maksud yang tersembunyi dihati kita yang bukan karena mencari Ridho Allah SWT berarti kita sudah musyrik.

 

 

 

Selanjutnya forum diambil alih oleh : Ustadz Abdul Rahman

Menyampaikan unek2 seperti ini :

  • Tarjih = “kembali kepada dalil yang terkuat.”
  • Pada kitab Tarjih bacaan “WABIHAMDIHI” ketika kita rukuk dan sujud diwaktu sholat itu tidak ada.
  • Sebelum sholat Lail (Sholat Malam) hendaknya didahului dengan sholat ringkas 2 rakaat yaitu “SHOLAT IFTITAH”, caranya sama dengan melakukan sholat-sholat sunnat lainnya cuman dilaksanakan lebih ringkas yaitu sesudah membaca Al-fatihah tidak perlu membaca Surah lagi (Panguppu,red). Do’a iftitahnya juga lebih ringkas, lafadznya seperti ini :

Selanjutnya Sang Ustadz menitipkan/membagikan kepeserta Baitul Arkam bacaan sholat yang dikutip dari kitab TARJIH Muhammadiyah  yaitu bacaan sholat sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW :

  • Do’a Iftitah
  • Bacaan Ruku’/Sujud

  • I’tidalI'TIDAL
  • Tahyat

  • Pada tahyat yang pertama setelah membaca bacaan tahyat yang diatas dilanjutkan dengan bacaan :

  • Sedangkan pada tahyat akhir bacaan do’anya adalah :

Pukul 24:00 forum diskors, peserta diharapkan istirahat, yang putra tidur di mesjid sedangkan yang putri di ruangan yang sudah disiapkan oleh panitia.

 

 

 

 

 

 

 

SABTU 12 FEBRUARI 2011

Pukul 03:00 peserta dibangunkan untuk sholat Lail. Masing-masing peserta sholat ringkas 2 rakaat sebelum melaksanakan sholat Lail yaitu sholat sunnat Iftitah, Rasulullah menganjurkan Sholat Sunnat Ifititah ini sebelum melaksanakan Sholat Lail yaitu sholat sunnat yang do’a iftitahnya seperti yang tercantum di atas kemudian sesudah membaca Fatihah tidak perlu membaca surah. Sholat Lail yang dikerjakan pada kesempatan ini yaitu 8 rakaat ditambah witir 3 rakaat.

Selesei Sholat Lail dilanjutkan dengan Sholat Fardhu Subuh setelah jeda sejenak, itu karna waktu subuh memang sudah masuk.

Untuk peserta putra dibagi menjadi 2 kelompok setelah melaksanakan sholat subuh, dan masing-masing kelompok melaksanakan kegiatan baca Al-qur’an.

 

 

 

Peserta Baitul Arkam diwajibkan mengikuti kegiatan di aula yang dilaksanakan pada hari ini yaitu :

PEMBUKAAN KULIAH SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2010/2011

dirangkai dengan kuliah umum

Oleh : DR. H. AMINUDDIN MAMMA, M.Ag

Tema : Strategi Pengembangan AIK Untuk Mencapai Visi Umpar yang Islami

Acara ini dimulai pukul 09:30, bagian-bagian acaranya kurang lebih seperti berikut :

  • Dibuka dengan mengaji.
  • Sambutan Rektor sekaligus membuka kuliah semester genap tahun akademik 2010/2011 :
  • Rektor : Drs. Syarifuddin Yusuf, M.Si
    • Sambutan-sambutan Bapak rektor kurang lebih seperti ini :
      • Kegiatan kuliah umum adalah kegiatan yang rutin diadakan setiap acara pembukaan kuliah tiap semesternya.
      • Tanggal 16 Februari 2011 Kuliah efektif untuk semester genap di UMPAR dimulai.
      • Kegiatan-kegiatan yang telah dijalankan selama semesteran ini antara lain :
        • Pemerintah kembali mempercayai Universitas Muhammadiyah Parepare untuk menambah program Pasca Sarjana yang dikelola yaitu Pendidikan Agama Islam, jadi progaram Pasca Sarjana yang akan berjalan nantinya di Umpar adalah :
          • Agribisnis
          • Bahasa Inggris
          • Pendidikan Agama Islam
        • Tahun ini Umpar juga akan mengusulkan Jurusan Kedokteran Umum dan Kedokteran gigi untuk diadakan di kampus kita ini, proposalnya sudah jadi.
        • Kampus kita ini juga bisa mengelola paket (program belajar untuk anak-anak yang tidak lulus dalam Ujian Akhir Sekolah).
        • Tahun ini Umpar akan mengadakan uji kompetensi untuk mahasiswa yang akan selesei/calon alumnus, yaitu uji kompetensi untuk kemampuan dalam pemahaman AIK termasuk pengujian pengenalan aksara Al-qur’an.
        • Pada era terakhir ini model KKN yang baru sudah ngetrend yaitu KKN Khusus atau KKN Tematik/KKN Profesi.
        • Pada tahun 2011 ini pemerintah menjanjikan akan membangun RUSUNAWA di lokasi Universitas Muhammadiyah Parepare.
  • Penyerahan SK Program Pasca Sarjana Pendidikan Agama Islam dari Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare ke Direktur Program Pasca Sarjana.
  • Amanah Badan Pelaksana Harian Universitas Muhammadiyah Parepare :
    • Di Universitas Muhammadiyah Parepare dinamakan Badan Pelaksana Harian sedangkan di tempat lain dinamakan Yayasan kampus tersebut.
    • Mahasiswa yang datang dan masuk di Umpar diseleksi intelektualnya dan spiritualnya akan diproses dengan AIK. Karena mahasiswa Umpar diharapkan menjadi Mahasiswa ANNAS yaitu manusia-manusia yang berguna bagi sesama dan tidak memperturutkan hawa nafsu, dan tidak diinginkan menjadi BASARUM yaitu orang-orang yang bertindak berdasarkan hawa nafsu (anarkis).
    • Untuk Sarana dan Prasarana merupakan tanggung jawab dari BPH (Badan Pelaksana Harian).
    • Pembanguna RUSUNAWA (Rumah Susun Sewa) akan dilaksanakan setelah proposalnya disetujui.
    • Masalah dosen juga menjadi tanggungan dari BPH.
  • Acara Pembukaan Kuliah Semester Genap Tahun Akademik 2010/2011 selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara kuliah umum, point-point dari kuliah umum tersebut kurang lebih seperti berikut ini :
    • Setiap orang Islam adalah Muhammadiyah ditinjau dari segi arti bahasanya, namun Muhammadiyah bukan hanya sekedar pengikut Muhammad, perlu pengkajian lebih lanjut.
    • Orang barat mengistilahkan orang Islam dengan Muhammadinisme, ini jelas-jelas tidak benar, karena Islam bukanlah paham dari Muhammad tetapi petunjuk langsung dari Allah SWT dengan perantara Rasulullah Muhammad SAW.
    • Dosen perlu kesepakatan bersama dalam pengajaran AIK.
    • Strategi dengan ceramah dalam pengembangan AIK merupakan strategi yang membuahkan hasil yang MINIMAL.

Seluruh rangkaian acara selesai pukul 11:45.

 

 

 

Ba’da lohor kegiatan forum Baitul Arkam dilanjutkan kembali.

Pemateri : DR. Mahsyar Idris, M.Ag

Materi : Paham Agama Menurut Muhammadiyah

  • Apa itu Agama
    • Dalam pandangan Muhammadiyah agama berarti Agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW ialah apa yang diturunkan Allah SWT dalam Al-qur’an dan yang tersebut dalam As-sunnah yang shahih berupa perintah-perintah dan larangan-larangan serta petunjuk untuk kebaikan manusia di dunia dan akhirat.
    • Definisi yang kedua : Agama adalah apa yang disyariatkan Allah dengan perantaraan Nabi-nabiNya berupa perintah-perintah dan larangan-larangan serta petunjuk-petunjuk untuk kebaikan manusia dan akhirat.
  • Apa itu urusan dunia yang tidak termasuk urusan Agama
    • Ialah segala perkara yang tidak menjadi tugas para Nabi atau dengan kata lain yaitu segala urusan atau perkara yang diserahkan sepenuhnya kepada kebijaksanaan manusia.
  • Sunnah dhahih diganti menjadi Sunnah Shahih kemudian menjadi Sunnah Maghbulah.
  • Agama diartikan sebagai syariat,sedangkan syariat ialah ketentuan-ketentuan yang ditegaskan dalam Al-qur’an ataupun Hadist berupa ajaran.
  • Semua Agama yang dibawa oleh para Nabi adalah Islam.
  • Dalam Al-qur’an dan hadist terdapat beberapa kalimat-kalimat atau ayat-ayat yang tampak bertentangan satu sama lainnya, Muhammadiyah dalam menghadapi ayat-ayat seperti itu adalah dengan cara :
    • Al-jammi (kompromi)
    • Nasih Mansuh
    • Tarjih
    • Tawaqquf
      • Muhammadiyah lebih memilih Tarjih dalam hal ini, Tarjih adalah memilih dalil yang dianggap kuat dan mengabaikan dalil yang dianggap lemah.

Menjelang sholat Ashar materi dari Bapak DR. Mahsyar Idris, M.Ag selesai, forum diskors untuk melaksanakan sholat Ashar.

 

 

 

Ba’da Ashar, skorsing sidang dalam forum dicabut kembali.

Pemateri : Sawati Lambe

Judul : Filsafah Agama

  • Islam tidak berpusat di Mekkah atau Madinah tapi berpusat di Al-qur’an.
  • Makna hidup ini yang ingin kita capai :
    • Mahasiswa Umpar diharapkan menjadi manusia yang berintelektual dan tunduk kepada sang Pecipata. Pantang untuk tidak berbuat pada hal-hal yang baik, hal ini juga disebut ibadah.
    • Pribadi yang beribadah adalah pribadi yang tidak bisa diam, selalu ingin berkreasi.
    • Islam diwahyukan kepada para Nabi, dari Adam sampai Muhammad.
    • Perbedaan itu wajib hukumnya, artinya perbedaan memang akan selalu muncul tapi jangan sampai itu yang membuat kita terpecah, kita harus berbeda tapi tidak boleh terpecah.
    • Jika seseorang susah menerima ajaran islam berarti sudah ada bibit syirik dalam dirinya.
    • Orang yang tidak bisa membaca Al-qur’an dan tidak mau belajar untuk membacanya adalah calon isi neraka.
    • Sikap sederhana adalah kewajiban kita, kesederhanaan adalah Ibadah.
  • Islam diwahyukan kepada Rasulullah sebagaimana tercantum dalam Al-qur’an dan As-sunnah.
  • Agama membaikkan kita di dunia dan akhirat, yang isinya berupa Perintah, Larangan dan Petunjuk.Baik di dunia ukuran sederhananya adalah terpenuhi semua kebutuhan pokok.
  • Tahap-tahap yang harus dilalui seorang laki-laki Islam

    • Ada 2 pribadi yang tidak dihampiri setan
      • Kelompok pribadi yang Aqidahnya mantap dan berserah diri kepada Allah SWT
      • Temannya setan itu sendiri.
    • Fitrah seseorang dinyatakan masih hidup yaitu ketika dia kaget melihat sesuatu yang menyimpang.
    • Kita diwajibkan untuk saling berinteraksi satu sama lainnya, saling bersahabat dengan manusia yang lain, tidak mempedulikan orang lain tersebut berasal dari mana atau agamanya apa. Cuman ada beberapa manusia yang tidak boleh dijadikan sahabat yaitu :
      • Orang yang memusuhi kita karena kita Islam
      • Orang yang mengusir kita karena kita Islam
      • Orang yang menyuruh orang lain mengusir dan memusuhi kita karena kita Islam.

    Menjelang Sholat Maghrib forum/sidang diskors.

     

    Peserta Baitul Arkam menggunakan waktu untuk Sholat Maghrib, Sholat Isya dan makan malam.

     

     

     

    Ba’da Isya skorsing sidang dicabut kembali.

     

    Pemateri : M. Najib Rahab

    Judul : Akhlak

    • Dari segi istilah/bahasa Akhlak adalah perangai, kebiasaan atau tradisi
    • Akhlak Islam ialah : Akhlak yang bersumber dari Al-qur’an dan As-sunnah sehingga tidak dipengaruhi oleh ruang dan waktu.
    • Muhammad adalah akhlak yang berjalan/hidup.
    • Moral atau etika adalah perilaku yang bersumber dari masyarakat sehingga dipengaruhi oleh ruang dan waktu.
    • Akhlak kepada sang Khalik (Allah SWT) :
      • Mencintai Allah melebihi cinta kepada segalanya
      • Mencintai dan membenci sesuatu karena Allah semata
      • Bersikap takut kepada Allah dengan cara menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala laranga-Nya.
      • Senantiasa mengharap dan mencari ridho-Nya
      • Mensyukuri nikmat dan karunianya.
    • Akhlak terhadap diri sendiri :
      • Menjaga kesucian diri dan menutup aurat
      • Jujur dalam perkataan dan perbuatan
      • Menepati janji, sabar, rendah hati, memiliki budaya malu
      • Menghindari hasud (dengki) dan dendam
      • Berlaku adil terhadap diri sendiri, keluarga dan orang lain
      • Menjauhi segala perkataan dan perbuatan sia-sia
      • Bersikap ikhlas, merasa cukup dengan apa yang ada dan bersyukur.
    • Segala sesuatu yang berlebih-lebihan tidak dibenarkan dalam Islam.
    • Akhlak terhadap masyarakat :
      • Menghormati nilai dan norma yang berlaku dimasyarakat
      • Tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa
      • Memerintahkan kebaikan dan mencegah kemungkaran
      • Menyantuni fakir miskin
      • Bermusyawarah dalam segala urusan
      • Memuliakan tamu dan anggota masyarakat
      • Menunaikan amanah

     

     

    Pukul 21:46 forum diambil oleh kakanda Rayamansi

    Memberikan sharing sebagai berikut :

    • Perbedaan laki-laki dan perempuan dalam hadas besar adalah pada laki-laki cuman ada 2 yang terjadi pada dirinya sehingga dia disebut berhadas besar yaitu senggama dan mimpi basah, sedangkan pada perempuan ada 4 yaitu haid, nifas, mimpi melihat air mani jatuh dan senggama
    • Yang membatalkan wudhu adalah berhadas, baik hadas besar maupun kecil
    • Salah satu yang mempengaruhi kentut yang terlalu berbau adalah kurang baiknya isinja seseorang, begitupula dengan kencing yang masih tersisa.

    Pukul 22:37 forum/sidang diskorsing, peserta Baitul Arkam diberi keseimpatan untuk beristirahat.

     

     

     

     

     

     

     

    AHAD 13 FEBRUARI 2011

    Pukul 03:15 waktu indonesia bagian jam dinding Mesjid Darul Ilmi peserta Baitul Arkam dibangunkan untuk sholat Lail, setelah masing-masing peserta berwudhu dan mengerjakan sholat iftitah sendiri-sendiri seperti malam kemarin peserta mengerjakan sholat Lail delapan rakaat ditambah witir 3 rakaat yang diimami oleh ustadz ABDUL RAHMAN.

     

     

    Setelah waktu subuh masuk peserta melaksanakan sholat subuh,

    Selesei salam bapak Sawati Lambe memberikan kultum, intinya seperti ini :

    “Wahai sodara-sodara, saya ingin menyampaikan kepada kalian semua modal hidup yang bisa membawa kita semua kepada keberhasilan, kalau kalian mengamalkan 5 hal ini Insya Allah keberhasilan dalam hidup kita pastilah terjadi, kalo tidak terjadi keberhasilan tersebut silahkan cari saya dan meminta pertanggungan jawab saya bahwa filosofi saya itu tidak benar, 5 hal tersebut adalah :

    1. Connectkan pikiran: jgn biarkn pikirn kosong

    2. Pengabdian: sll mengutamakan rasa pengabdian kepd Allah Swt

    3. Penuh daya cipta: sll ada rasa ingin berkembng, penuh kreasi

    4. Taat: Menjalani perintah Allah & menjauhi larangn-Nya

    5. Tanggung jawab

    Nah…,itu dia sodara kalo kalian mengamalkannya Insya Allah pasti berhasil”. tegas beliau.

     

    Wah…saya setuju banget dengan filosofinya pak, saya kagum dengan ustadz yang satu ini, salut pool. Sebenarnya saya sendiri sempat lupa dengan 5 poin tersebut, tapi salah seorang teman mempostingnya difesbuk, langsung deh saya kopi paste, selanjutnya diposting di blog ini.  Thanks buat H.  Surya Isnan Muhammad udah ingatkan terus thanks juga buat smsnya yang mengajak saya untuk ikut kegiatan Baitul Arkam ini.

    Waktu pak Ustadznya menyampaikan 5 poin diatas dalam hati sempat merasa terharu sampai mata berair ehehehe…terasa dalam banget 5 poin tersebut, yaaa…teringat keseharian sy gitu jadi sales jalanan, tapi harus tetap dijalani dan Insya Allah mau mengamalkan 5 hal di atas (Janji dalam hati).

     

     

     

    Pukul 08:22 skorsing sidang dicabut kembali

     

     

    Pukul 08: 49 materi dimulai

    Pemateri : Ir. Atrais Langgang, S.Ag

    Judul : Muhammadiyah sebagai organisasi

    • Muhammadiyah adalah sebuah oraganisasi, bukan suatu FIRQAH(aliran agama)
    • Indonesia lebih cenderung bermahsyaf Syafi’I
    • 18 November 1912 (8 Dzulhijjah 1330H) Muhammadiyah didirikan
    • Ibadah Mahdah adalah ibadah yang berhubungan langsung dengan Allah SWT
    • Susunan Oraganisasi Muhammadiyah

    • Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah minimal 9 orang.
      • Organisasi Muhammadiyah disusun secara kolegal artinya dari 9 orang yang menjadi pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah misalnya, semua itu adalah pemimpin.
    • Yang berhak menjadi pimpinan adalah yang ber-NBM (Nomor Baku Muhammadiyah)
    • Dalam organisasi Muhammadiyah ada yang disebut ORTOM (Organisasi Otonom) yang tetap dikoordinasi oleh Muhammadiyah, misalnya IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah), IPM (Ikatan Pemuda Muhammadiyah) dan lain-lain.
    • Aisyiyah merupakan ORTOM KHUSUS.

       

       

      Pukul 10:41, forum diambil alih oleh ustadz Syaiful.

      Memberikan beberapa sharing-sharing tentang paradigma  kita, persepsi kita dan beberapa gambaran-gambaran yang bertujuan untuk mengajak peserta Baitul Arkam supaya senantiasa bersamangat dalam menjalani hidup dan mengukir prestasi.

      Juga memberikan beberapa selingan “game”.

      Dalam kesempatan ini disampaikan pula kepeserta Baitul Arkam tentan ibadah praktis, meliputi :

      • Tata cara berwudhu dengan memperlihatkan videonya.
      • Tata cara tayamum dengan memperlihatkan videonya.
      • Memaparkan tata cara mandi wajib

      Forum yang dibawakan oleh ustadz Syaiful ini berakhir menjelang Sholat Lohor.

       

       

       

      Pukul13:45 skorsing sidang dicabut kembali.

      Pemateri : DR. Amaluddin, M.Hum

      Materi : Kepemimpinan Dalam Muhammadiyah dimata kita.

      • Kita semua adalah pemimpin, pemimpin atas diri sendiri
      • Manusia lahir tidak lepas dari tanggung jawab kepemimpinan
      • Memimpin dimulai dari nafsu kita

      Kepemimpinan dalam Muhammadiyah mengacu pada “STAF”, yaitu :

      • “S”-Siddiq=Jujur
        • Inti dari kebobrokan negeri ini adalah kejujuran
      • “T”-Tabligh=Menyampaikan yang benar
      • “A”-Amanah=Bertanggung jawab
      • “F”-Fatonah=Cerdas, kecerdasan dibagi atas :
        • Kecerdasan intelektual yaitu kecerdasan akal yang bisa diuji dengan psykotest.
        • Kecerdasan sosial
        • Kecerdasan spiritual
        • Kecerdasan Moral.

       

       

      Pukul 15:05 ketua LP2K memberikan sharing.

       

       

      Ba’da Ashar, masing-masing peserta dibagi berkelompok-kelompok. Kemudian menemuai Instruktur dan melakukan test. Test meliputi cara berwudhu, tayamum, sholat dan mengaji.

      Dilanjutkan dengan pre test, soalnya sama persis dengan pre test diawal kegiatan Baitul Arkam ini.

      Ba’da Maghrib pengumuman siapa-siapa yang lulus, wuih…yang lulus cuman 7 orang, saya sendiri tidak lulus untuk bacaan sholatnya dan diharuskan menemui instruktur dengan waktu 7 hari kedepan.

      Pada kesempatan ini pula dikumpulkanlah buku-buku yang diwajibkan kepada peserta untuk bawa, saya sendiri menginfakkan satu buku, kalo tidak salah judulnya “keutamaan sholat khusyuk” (infak koq diomongin…hihihhi).

      Peserta yang tidak lulus, diwajibkan mengadakan pengajian. Diurus oleh 7 orang yang lulus tadi.

      Peserta meninggalkaan lokasi kegiatan ba’da Isya.

       

       

      Huft..kegiatan yang cukup melelahkan tapi sangat mempengaruhi pembentukan mental ini. Terimakasih kepada panitia penyelenggara dan teman yang sudah mengajak dan membantu sehingga saya bisa ikut kegiatan ini.ALHAMDULILLAH

      Diproteksi: Kamis 10 Februari 2011

      Konten ini diproteksi dengan kata sandi. Untuk melihatnya cukup masukkan kata sandi Anda di bawah ini:

      Diproteksi: Rabu 9 februari 2011

      Konten ini diproteksi dengan kata sandi. Untuk melihatnya cukup masukkan kata sandi Anda di bawah ini:

      Diproteksi: my office file

      Konten ini diproteksi dengan kata sandi. Untuk melihatnya cukup masukkan kata sandi Anda di bawah ini:

      Diproteksi: sokko ama opor ayam

      Konten ini diproteksi dengan kata sandi. Untuk melihatnya cukup masukkan kata sandi Anda di bawah ini:

      Diproteksi: hari senin…huft

      Konten ini diproteksi dengan kata sandi. Untuk melihatnya cukup masukkan kata sandi Anda di bawah ini:

      Ikuti

      Get every new post delivered to your Inbox.